Breaking News

hukum mengucapkan selamat natal

Fatwa Syeik Binbaz Seputar Hukum Ikut serta dalam perayaan Eid Kuffar ( hari raya org2 kafir )

Fatwa Syeik Binbaz Seputar Hukum Ikut serta dalam perayaan Eid Kuffar ( hari raya org2 kafir ) atau Hukum merayakan Natal Dan hukum Mengucapkan Selamat Natal

Pertanyaa : Sebagian umat islam mereka ikut serta dalam merayakan hari raya org2 nasrani bagaimana tanggapannya ?

Jawaban : tidak boleh bagi seorang muslim ataupun Muslimah untuk ikut serta dalam perayaan hari raya nasrani, yahudi atapun hari raya org kafir lainya akan tetapi wajib untuk meninggalkan semua itu sebagaimana dalam hadist :

من تشبه بقوم فهو منهم

Artinya : Rasulalah shalallah alaihi wasalam bersabda : Barang siapa yg menyerupai mereka maka termasuk bagian dari mereka.

Rasulallah shalallah alaihi wasalam dalam hadist tersebut memperingatkan akan larangan penyerupaan terhadap org2 kafir dan berakhlak dgn akhlak mereka. Selayaknya seorang mu’min ataupun mu’minah untuk berhati2 dalam hal tersebut dan tidak membantu mereka dalam menyelenggarakan acara tersebut dgn sesuatu apapun. Karena hari raya tersebut hari raya yg menyelisihi syariat allah ta’ala. Yg para musuh2 allah merayakan hari raya tersebut. Maka tidak boleh ikut serta ataupun tolong menolong dalam hal penyelenggaraan dgn sesuatu apapun . tidak dgn menyediakan tea ( teh ) ataupun kopi ataupun dgn peralatan2 yg mendukung lainya.

Dan juga sebagaimana firman allah taa’la :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ – المائدة:2

Artinya : Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. [almaidah : 2]

Dan ikutserta dalam hari raya org2 kafir itu termasuk bagian dari tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Maka wajib bagi seorang muslim ataupun Muslimah untuk meninggalkan hal tersebut. Dan tidak selayaknya seorang yg berakal tertipu oleh sebagain manusia dari apa yg mereka perbuat. Maka wajib untuk melihat syariat islam dan apa yg datang darinya, dan mengerjakan apa yg allah ta’ala dan rasulallah perintahkan dan tidak melihat pada perbuatan manusia, karena banyak dari mereka tidak memperdulikan syariat2 allah ta’ala.

Sebagaimana firman allah ta’ala :

وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ – الأنعام:116

Artinya : Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. ( Alan’an : 116 )

Dan allah Subhanahu wa ta’ala Berfirman :

وَمَا أَكْثَرُ النَّاسِ وَلَوْ حَرَصْتَ بِمُؤْمِنِينَ  – يوسف:103

Artinya : Dan sebahagian besar manusia tidak akan beriman — walaupun kamu sangat menginginkannya. ( yusuf : 103 )

Maka hari raya – hari raya yg menyelisi syariat allah di ikuti walaupun manusia melakukannya. Maka hendaknya seorang yg beriman menimbang perbuaan dan perkataannya dan menimbang perbuatan manusia dan perkataan mereka dgn alquran dan assunnah. Dgn kitab allah dan sunnah rasulallah shalallahu alaihi wasalam. Ketika sesuai dgn keduanya maka diterima meskipun para manusia meninggalkannya. Dan Ketika menyelisihi keduanya atau salah satu diantara keduanya maka tertolak walaupun di lakukan oleh manusia. Semoga allah memberikan rizki , taufik dan hidayah untuk semua . Amin sumber

Hukum Mengucapkan Selamat Natal

Pertanyaan : Sebentar lagi akan ada perayaan hari raya orang-orang kafir atau di kenal dgn hari christmas ( hari raya natal ) dan hari raya tahun baru atau yg lainya. Dan saya dalam sebuah Lembaga negara Sebagian dari kami ada org2 Nashoro mereka memberikan undangan untuk menghadiri hari raya mereka. Dan saya lihat sebgian laki2 dari umat muslim memberikan ucapan selamat pada mereka sebagaimana banyak ucapan2 hari raya mereka di bagikan dan di cetak dan di perjual belikan dgn toko2 buku umum. Apakah ada nasehat seputar ini dan penjelasan hukum syari ? semoga allah memberikan engkau taufik.

Jawaban : ini tidaklah diperbolehkan. Mengucapankan selamat hari raya mereka dgn lisan2 ataupun dgn wasilah telepon ataupun lewat kertas2 yg di cetak. Semua ini adalah kemungkaran yg tidak boleh di lakukan oleh seorang muslim, ntah di negara islam ataupun yg lainya. Tidak mengucapkan selamat pada hari raya mereka. Dan tidak pula ikut serta didalamnya. Tidak pula bekerja pada mereka pekerjaan yg berkaitan dgn hari raya mereka karena ini merupakan menolong dalam hal yg batil maka tidak ikut serta Bersama mereka tidak membantu mereka tidak pula mengucapkan selamat hari raya mereka yg batil. sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *